cara membersihkan headset gaming

Headset gaming telah menjadi salah satu aksesoris wajib yang dimiliki oleh para gamer yang rutin melakukan online streaming.

Sebagai salah satu perlengkapan untuk menunjang pengalaman bermain game yang lebih maksimal, headset gaming biasanya memiliki harga yang relatif, sehingga penting untuk merawatnya dengan baik agar awet dan tahan lama.

Setelah mengenal headset gaming melalui konten Bingung Memilih Headset Gaming yang Cocok? Yuk, Cobain Tips Ini, sekarang saatnya kamu mulai mempelajari bagaimana cara membersihkan agar headset tidak mudah rusak.

Berikut ini beberapa cara khusus yang dilakukan oleh para tim kami saat membersihkan headset gaming mereka sendiri.

1. Jadwalkan Pembersihkan Secara RutinĀ 

Kebersihan headset sangat penting untuk menjaga kualitas suara dan kenyamanan penggunaan.

Bagi kamu yang masih pemula dan bingung harus membersihkannya dari mana? Cobalah untuk membersihkannya dengan menggunakan kain lembut yang dibasahi dengan air bersih.

Hindari menggunakan deterjen atau bahan kimia lain yang dapat merusak headset.

Membersihkan headset gaming secara teratur adalah kunci untuk menjaga kualitas audio dan kenyamanannya.

Untuk membersihkan ear cushion dan headband, gunakan kain yang sedikit dibasahi dengan air hangat. Pastikan headset benar-benar kering sebelum menggunakannya kembali.

2. Jaga Kabel Jangan Sampai Putus atau Terkelupas

Kabel adalah komponen yang rentan pada headset gaming

Bila ada yang bertanya, apakah headset boleh digulung? Jawabannya tidak disarankan. Hindari menggulung atau melipat kabel secara berlebihan.

Mengapa? karena ini bisa merusak struktur kabel dan mengganggu kualitas suara.

Jika memungkinkan, gunakan hanger khusus untuk meletakkan headset gaming ketika tidak digunakan.

Hal ini tidak hanya mencegah kabel terlilit tetapi juga memudahkan saat kamu ingin menggunakannya.

Dengan begitu, kualitas suara yang dihasilkan dari kabel akan tetap terjaga dan menghindari adanya arus listrik yang tersumbat.

Lalu, bagaimana bila kulit headset gaming terkelupas? Kamu bisa mencoba menutupnya kembali dengan solasi hitam agar aliran listriknya tidak menimbulkan korsleting listrik.

3. Simpan di Tempat yang Aman

Cara kamu menyimpan headset gaming juga berpengaruh pada umur pakainya. Selalu simpan headset di tempat yang kering agar tidak mudah terkena debu dan kotoran.

Bila memungkinkan, gunakan kotak khusus untuk melindungi headset saat tidak digunakan. Hindari menyimpan headset di tempat yang lembab atau panas.

Suhu udara ruangan yang ideal untuk menyimpan headset gaming berkisar 15-25 derajat Celcius. Suhu udara yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan headset rusak.

Suhu udara yang terlalu tinggi dapat menyebabkan komponen headset meleleh atau terbakar. Suhu udara yang terlalu rendah dapat menyebabkan headset menjadi rapuh dan mudah patah.

Selain suhu udara, kelembaban udara juga perlu diperhatikan. Kelembaban udara yang terlalu tinggi dapat menyebabkan headset berjamur atau berkarat.

Kelembapan udara yang terlalu rendah dapat menyebabkan headset menjadi kering dan retak. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat pada bagian spesifikasi produk headset gaming yang dibeli mengenai batas tolerir suhu untuk menyimpannya.

4. Hindari Menyetel Volume Terlalu Keras

Ketinggian volume pada headset gaming yang terlalu ekstrim bisa merusak driver audio pada headset.

Selalu perhatikan volume saat menggunakan headset gaming, dan pastikan tidak melebihi batas aman.

Lalu, apa yang terjadi jika terlalu sering memakai headset?

Menggunakan headset gaming terlalu sering dapat menyebabkan berbagai masalah, baik untuk kesehatan telinga maupun headset itu sendiri, seperti:

  • Telinga terasa sakit atau panas
  • Telinga terasa berdenging
  • Gangguan pendengaran atau tinnitus

Menurut American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery, jeda waktu yang disarankan untuk mengistirahatkan telinga saat menggunakan headset adalah setiap 30 menit.

Selain itu, kamu juga dapat mengistirahatkan telinga selama 15 menit setiap 2 jam penggunaan. Jeda waktu ini dapat membantu telinga pulih dari paparan suara yang keras.

Sebaiknya, atur volume headset gaming dengan persentase yang tidak terlalu tinggi.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, volume headset tidak boleh melebihi 85 desibel (dB).

5. Perhatikan Sweatband

Jika Anda menggunakan headset gaming saat bermain game dalam waktu yang cukup lama, keringat dapat merusak bantalan telinga dan headband.

Pastikan untuk membersihkan keringat dari headset setelah penggunaan yang panjang dan segera keringkan bila perlu.

Ini akan membantu mencegah timbulnya bau tidak sedap dari headset gaming-mu.

Agar lebih mudah, cobalah ikuti langkah-langkah membersihkan headset gaming berikut.

6. Pelajari Cara Melepas dan Memasang Headset Gaming dengan Hati-HatiĀ 

Memang terkesan sepele, namun hal ini tidak kalah penting untuk diperhatikan. Saat ingin menggunakan headset gaming, jangan memaksanya atau menariknya dengan kasar, karena hal ini dapat merusak konektor dan mengganggu kualitas audio.

7. Perbarui Dukungan Driver dan Firmware

Beberapa headset gaming modern memiliki perangkat lunak yang dapat diunduh untuk mengupdate driver dan firmware.

Pastikan Anda selalu memeriksa pembaruan terbaru untuk meningkatkan kinerja dan kompatibilitas headset.

Setelah melakukan review beberapa headset gaming, tim kami telah mendapatkan data di mana dari beberapa produk headset yang sudah kami beli dan gunakan, mendukung pembaharuan driver ke versi terbarunya, yaitu:

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat headset gaming agar tetap bersih dan tidak mudah rusak ya, sobat gadget! Dapatkan trending terbaru seputar dunia gadget di sini.

Artikel menarik lainnya: 9 Tips Memilih Smartwatch yang Cocok untuk Berolahraga di Tahun 2023, Mau Tahu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *