Mengenal Perbedaan Kamera Telephoto dan Periskop pada Smartphone di Tahun 2024

Mengenal Perbedaan Kamera Telephoto dan Periskop pada Smartphone di Tahun 2024
perbedaan kamera periskop dan telephoto pada smartphone
930 x 180 AD PLACEMENT

Pernahkah Sobat Gadget Populer terpana dengan foto-foto yang menampilkan objek jauh dengan detail yang tajam, seolah-olah fotografernya berada tepat di dekatnya?

Kemampuan luar biasa ini dimungkinkan oleh kamera telefoto dan periskop pada smartphone.

Dalam dunia fotografi modern, inovasi terus mengalir untuk membawa pengalaman fotografi ke level yang lebih tinggi.

Dua teknologi yang saat ini menjadi sorotan di tahun 2023 hingga 2024 adalah kamera telephoto dan periskop.

930 x 180 AD PLACEMENT

Meskipun keduanya memiliki tujuan yang serupa, yaitu memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dari jarak jauh, keduanya memiliki pendekatan yang berbeda dan keunggulan masing-masing.

Pengertian Kamera Telephoto

Kamera telefoto adalah jenis kamera yang menggunakan lensa telefoto untuk memperluas cakupan jarak bidikan tanpa mengorbankan kualitas gambar.

Teknologi ini telah menjadi standar dalam banyak perangkat fotografi, termasuk kamera ponsel pintar. Lensa telefoto bekerja dengan memfokuskan cahaya pada sensor kamera, yang memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar objek yang jauh dengan detail yang cukup tinggi.

Salah satu keunggulan utama kamera telefoto adalah kemampuannya untuk mempertahankan kualitas gambar bahkan pada jarak yang jauh. Ini berarti pengguna dapat mengambil gambar objek dari jarak yang signifikan tanpa kehilangan detail atau ketajaman.

930 x 180 AD PLACEMENT

Kamera telefoto menggunakan lensa panjang untuk memperbesar objek secara optik. Lensa ini menggeser elemen lensa untuk mengubah jarak fokus, memungkinkan untuk “mendekatkan” objek tanpa perlu bergerak secara fisik.

Namun, kelemahan utamanya adalah ukuran fisik lensa telefoto yang cukup besar, membuatnya kurang praktis untuk digunakan dalam situasi sehari-hari.

Pengertian Kamera Periskop

Kamera periskop menggunakan sistem yang lebih kompleks. Lensa diposisikan secara horizontal dan menggunakan prisma atau cermin untuk memantulkan cahaya 90 derajat, memungkinkan penggunaan lensa yang lebih panjang dalam bodi smartphone yang tipis.

Konsep periskop sebenarnya terinspirasi dari perangkat optik yang digunakan dalam industri militer dan kedokteran.

930 x 180 AD PLACEMENT

Salah satu keunggulan utama periskop adalah kemampuannya untuk memperluas cakupan zoom tanpa menambahkan ketebalan signifikan pada perangkat.

Ini karena desain periskop memungkinkan lensa dan prisma untuk ditempatkan secara horizontal di dalam perangkat, mengurangi kebutuhan akan ruang vertikal yang diperlukan oleh lensa telefoto konvensional.

Hal ini membuatnya lebih cocok untuk digunakan dalam perangkat smartphone yang lebih tipis dan ringan.

Perbedaan Kamera Telephoto dan Periskop

Perbedaan kunci antara kamera telefoto dan periskop terletak pada pendekatan mereka terhadap perluasan cakupan zoom.

Kamera telefoto cenderung fokus pada mempertahankan kualitas gambar yang optimal, bahkan pada jarak yang jauh, namun dengan konsekuensi ukuran fisik yang lebih besar.

Kamera telefoto umumnya menawarkan zoom optik 2x hingga 10x. Zoom yang lebih tinggi dicapai dengan zoom digital, yang dapat menurunkan kualitas gambar.

Di sisi lain, periskop menawarkan solusi yang lebih kompak dengan mengorbankan sedikit kualitas gambar untuk keuntungan desain yang lebih ringkas.

Kamera periskop mampu mencapai zoom optik yang jauh lebih tinggi, biasanya 5x hingga 10x, bahkan hingga 100x pada beberapa model terbaru.

Zoom optik yang lebih tinggi menghasilkan gambar yang lebih tajam dan detail saat memperbesar objek.

Pemilihan antara kamera telefoto dan periskop akhirnya tergantung pada preferensi pengguna. Bagi mereka yang menempatkan kualitas gambar di atas segalanya, kamera telefoto mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

Namun, bagi mereka yang mengutamakan portabilitas dan desain yang ramping, periskop mungkin merupakan opsi yang lebih menarik.

Fitur Telefoto Periskop
Kemampuan Zoom 2x – 10x (optik) Lebih tinggi dengan zoom digital (kualitas gambar menurun) 5x – 10x (optik) Lebih tinggi dengan zoom digital (kualitas gambar lebih baik)
Kualitas Gambar Baik pada zoom rendah<br>Menurun pada zoom digital tinggi Tajam dan detail pada semua tingkat zoom
Ukuran Lensa Lebih kecil Lebih besar
Harga Lebih murah Lebih mahal
Konsumsi Daya Lebih rendah Lebih tinggi
Desain Sederhana dan ringkas Kompleks dan besar
Aplikasi Terbaik Fotografi sehari-hari, potret Fotografi jarak jauh, zoom tinggi

Kesimpulan

Dengan terus berkembangnya teknologi fotografi, kita bisa yakin bahwa inovasi seperti kamera telefoto dan periskop akan terus mengubah cara kita memandang dan mendokumentasikan dunia di sekitar kita.

Sementara keduanya menawarkan pendekatan yang berbeda, keduanya memberikan kontribusi yang berharga untuk memperluas kemungkinan fotografi modern.

Sebagai pengguna, kita diberi pilihan untuk memilih teknologi yang paling sesuai dengan kebutuhan.

930 x 180 AD PLACEMENT

Seseorang yang tertarik dalam bidang photography dan smartphone sejak tahun 2012 dan senang mendengarkan musik (audiophile). Meluangkan waktu dengan mereview berbagai gadget yang sedang populer secara detail dan akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like
930 x 180 AD PLACEMENT