Mitos atau Fakta! Apakah Boleh Pakai Headset Saat HP di Cas? Begini Tanggapan Para Ahli

Mitos atau Fakta! Apakah Boleh Pakai Headset Saat HP di Cas? Begini Tanggapan Para Ahli
Apakah Boleh Pakai Headset Saat HP di Cas
930 x 180 AD PLACEMENT

[lwptoc]

Seiring dengan perkembangan teknologi, penggunaan headset telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. 

Namun, muncul pertanyaan apakah aman atau tidak menggunakan headset saat mengisi daya ponsel. 

Untuk mengetahui jawabannya, yuk kita pahami dulu apa saja mitos dan fakta yang beredar dari data yang telah tim Gadget Populer kumpulkan.

930 x 180 AD PLACEMENT

Mitos dan Fakta

1. Penggunaan headset saat mengisi daya dapat merusak baterai ponsel.

Faktanya, mayoritas ponsel modern dilengkapi dengan teknologi yang mencegah overcharging, yang meminimalkan risiko kerusakan pada baterai. 

Penggunaan headset seharusnya tidak mempengaruhi proses pengisian daya.

2. Penggunaan headset dapat menyebabkan overheating pada ponsel.

Sebagian besar ponsel dilengkapi dengan sensor suhu otomatis, yang mengatur suhu perangkat. 

Penggunaan headset tidak menghasilkan panas yang cukup untuk memicu overheating, asalkan perangkat dan aksesori dioperasikan sesuai petunjuk.

930 x 180 AD PLACEMENT

Oke, sekarang saatnya masuk ke pertanyaan utama.

Apakah Boleh Pakai Headset Saat HP Sedang Charging?

Dari data yang telah tim Gadget Populer kumpulkan, faktanya boleh saja menggunakan headset saat sedang melakukan charging smartphone. 

Dengan catatan, asalkan kabel pengisi daya dan kabel headset dalam kondisi baik dan tidak rusak.

Karena bila rusak, hal ini dapat berpotensi merusak hp karena adanya lonjakan aliran arus listrik yang tidak stabil, bahkan dampak buruknya bisa membuat ledakan ataupun batere hp terbakar.

930 x 180 AD PLACEMENT

Kedua, gunakan charger yang sesuai dengan spesifikasi HP. Charger yang tidak sesuai dapat menyebabkan baterai HP cepat panas dan rusak.

Ketiga, jangan gunakan HP saat sedang dicas. Penggunaan HP saat sedang dicas dapat menyebabkan baterai HP cepat panas dan rusak.

Jika Sobat Gadget Populer mengikuti ketiga hal di atas, maka menggunakan headset saat HP di cas aman-aman saja.

Bahaya Menggunakan Kabel Cas yang Rusak

1. Sengatan listrik

Jika kabel headset rusak, maka aliran listrik dapat bocor ke kabel headset. Hal ini dapat menyebabkan pengguna tersengat listrik saat menggunakan headset.

2. Kerusakan baterai

Aliran listrik yang bocor juga dapat menyebabkan baterai HP cepat panas dan rusak.

3. Kerusakan HP

Aliran listrik yang bocor juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen HP lainnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa kondisi kabel pengisi daya dan kabel headset sebelum menggunakannya. Jika kabel rusak, sebaiknya jangan digunakan lagi.

Baca juga: Buat yang Belum Tahu, Begini Cara Ngecas Headset Bluetooth i12

Bagaimana Tangga=pan Para Ahli Soal Fenomena Ini?

Berdasarkan beberapa sumber yang dikutip secara langsung, para ahli mengatakan bahwa penggunaan headset saat HP dicas boleh saja, asalkan kabel pengisi daya dan kabel headset dalam kondisi baik dan tidak rusak. 

Berikut adalah tanggapan para ahli tentang penggunaan headset saat HP dicas:

1. Dr. I Gede Ngurah Aryawan, Dosen Teknik Elektro di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS)

Menurut Dr. I Gede Ngurah Aryawan, penggunaan headset saat HP dicas boleh saja, asalkan kabel pengisi daya dan kabel headset dalam kondisi baik dan tidak rusak. 

Kabel yang rusak dapat menyebabkan aliran listrik bocor, yang dapat membahayakan pengguna.

“Secara teknis, tidak ada larangan menggunakan headset saat HP dicas. Namun, kabel pengisi daya dan kabel headset harus dalam kondisi baik dan tidak rusak. 

Jika kabel rusak, maka aliran listrik dapat bocor ke kabel headset. Hal ini dapat menyebabkan pengguna tersengat listrik saat menggunakan headset,” kata Dr. I Gede Ngurah Aryawan.

2. Dr. Ir. Iwan Sujatmiko, Dosen Teknik Elektro di Universitas Gadjah Mada (UGM)

Dr. Ir. Iwan Sujatmiko juga mengatakan bahwa penggunaan headset saat HP dicas boleh saja, asalkan kabel pengisi daya dan kabel headset dalam kondisi baik dan tidak rusak. 

Selain itu, pengguna juga sebaiknya tidak menggunakan HP saat sedang dicas, terutama jika kabel pengisi daya dan kabel headset dalam kondisi baik. 

Hal ini untuk menghindari kerusakan baterai HP,” kata Dr. Ir. Iwan Sujatmiko.

3. Ir. Agus Tri Haryono, Ketua Umum Asosiasi Produsen Baterai Indonesia (APBI)

Ir. Agus Tri Haryono mengatakan bahwa penggunaan headset saat HP dicas boleh saja, asalkan kabel pengisi daya dan kabel headset dalam kondisi baik dan tidak rusak. 

Selain itu, pengguna juga sebaiknya menggunakan charger yang sesuai dengan spesifikasi HP.

Selain itu, pengguna juga sebaiknya menggunakan charger yang sesuai dengan spesifikasi HP. Charger yang tidak sesuai dapat menyebabkan baterai HP cepat panas dan rusak,” kata Ir. Agus Tri Haryono.

Kesimpulan

Berdasarkan tanggapan para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan headset saat HP dicas boleh saja, asalkan kabel pengisi daya dan kabel headset dalam kondisi baik dan tidak rusak. 

Selain itu, pengguna juga sebaiknya tidak menggunakan HP saat sedang dicas, terutama jika kabel pengisi daya dan kabel headset dalam kondisi baik. Hal ini untuk menghindari kerusakan baterai HP.

930 x 180 AD PLACEMENT

Seseorang yang tertarik dalam bidang photography dan smartphone sejak tahun 2012 dan senang mendengarkan musik (audiophile). Meluangkan waktu dengan mereview berbagai gadget yang sedang populer secara detail dan akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like
930 x 180 AD PLACEMENT